Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Stategi Jangka Panjang Gojek Di Dunia Startup

4 Stategi Jangka Panjang Gojek Di Dunia Startup

Androidcame.com – Gojek sebagai salah satu start Up yang paling maju di era digital saat ini. Hari ini pun Gojek merayakan hari jadinya yang ke-9 pada tahun ini. DImana perusahaan rintisan yang dibangun oleh Nadiem Makarim pada dekade ini kini bertransformasi dari sebuah layanan call center pemesanan ojek menjadi aplikasi yang di dalamnya terdapat banyak layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna (Luar biasa Gojek ini)

Di tambah lagi setelah ditinggal Nadiem Makarim, Gojek kini diasuh oleh duo Co-CEO Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo. Keduanya menegaskan Gojek masih dengan semangat yang sama, yakni tidak sekadar menjadi perusahaan profit, tetapi juga memiliki dampak sosial ke ekosistem.

Untuk itu, di usianya yang ke-9 tahun, Gojek memaparkan strateginya untuk menghilangkan friksi (hambatan) kehidupan dengan menghubungkan pelanggan dan mitra terbaik Gojek.

Kevin Aluwi mengatakan, ada empat fokus Gojek yang ingin dicapai. Salah satunya adalah mengutamakan kepuasan pelanggan lewat produk terbaik.

Ada tiga layanan inti yang bakal jadi perhatian, yakni mobilitas melalui peningkatan layanan GoRide dan Gocar, layanan pembayaran dan keuangan yakni GoPay, dan layanan pesan antar makanan atau GoFood.

"Ketiganya akan menjadi titik tumpu yang dibangun perusahaan dan banyak platform yang akan kami bangun untuk menopang ketiga titik ini, termasuk bermitra dengan pihak ketiga," kata Kevin di konferensi pers 9 Tahun Gojek di Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Untuk meningkatkan layanan-layanan di atas, Gojek juga akan melakukan investasi jangka panjang dengan mengembangkan cartography untuk membuat maps yang lebih akurat.

Strategi Kedua

Co CEO Gojek Andre Soeslistyo mengungkapkan, strategi kedua yang ingin dicapai adalah memastikan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.

Andre mengungkapkan, selama ini Gojek banyak melakukan promosi menggunakan diskon. Namun ke depannya, kata Andre, Gojek akan pelan-pelan berfokus pada kesinambungan bisnis.

"Ke depannya kami pelan-pelan akan fokus pada kesinambungan bisnis. 'kan enggak bisa investasi merah terus bukunya dan ini penting sekali untuk perkembangan jangka panjang," kata Andre.

Untuk mencapainya, Gojek akan fokus memberikan layanan dan fitur yang baik melalui aplikasinya.
"Kalau produk dan layanan kami baik, pelanggan, merchant, dan driver akan memiliki pengalaman yang baik. Akhirnya pelanggan akan kembali lagi," tutur Andre.

Untuk itu, ke depannya Gojek akan fokus meningkatkan pengalaman pengguna.

"Layanan yang baik jadi ujung tombak Gojek. Bukan berarti pendapatan driver akan berkurang (karena minim diskon ke pelanggan), tetapi pengalaman pengguna yang baik akan membuat pelanggan lebih loyal," katanya.

Sumber liputan 6 .com
Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "4 Stategi Jangka Panjang Gojek Di Dunia Startup"