Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru

6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru
6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru – Androidcame.com – Selamat malam apa kabar para pengguna Smartpone android, kali ini saya mau membahas mengenai Cara Membersihkan RAM Smartpone Android. Buat para penguna android kecepatan merupakan suatu hal yg mengaksikan, tapi tau ga sih klo RAM kita penuh kecepatan Smartpone kita akan melambat. Hal itu di karenakan RAM ini adalah Akses Memori yg berguna untuk mempercepat kecepatan android.

Buat para pengguna android, artikel ini sangat membantu sekali apalagi buat para pengguna yg multitasking dan sering melakukan kegiatan seperti gaming, chatting, streaming, browsing dan masih banyak lagi.

Anda ga perlu kuatir, kali ini saya mau memberikan pengalaman dan pengetahuan mengenai 6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android yg berguna untuk memperlancar Smartpone anda. Baca juga Cara Mengecek Kekuatan Sinyal HP dan Komputer dengan Mudah, Biar Tidak Ngeleg Saat Main Game

Berikut 6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android :
1. Jangan Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi
6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru

Ini cukup berkaitan dengan poin diatas, dimana kalau menginstall aplikasi terlalu banyak maka akan banyak juga aplikasi yg tidak terlalu sering alias jarang digunakan. Jadi akibatnya akan menumpuk dan akan RAM menjadi penuh dan malah memperlambat handphone.

Sesuaikan aplikasi dengan RAM handphone yg anda miliki, apalagi kalau RAM anda relatif kecil dibawah 2GB. Jadi kalau anda mendadak sering mengalami aplikasi yg force close, maka ini adalah salah satu penyebabnya. Install aplikasi yg penting dan yg benar benar dibutuhkan saja supaya tidak membebani handphone.

2. Rutin membersihkan cache
6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru

Tidak semua handphone dilengkapi dengan aplikasi pembersih bawaan, hanya pada tipe tipe tertentu. Kalau anda tidak memilikinya anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yg bisa anda download di Playstore.

Cache ini sangat berguna untuk membuat proses jalannya aplikasi menjadi lebih cepat. Tapi permasalahannya kalau lama tidak dibersihkan cache akan menumpuk, termasuk cache aplikasi yg tidak terlalu anda gunakan.

Akibatnya handphone akan terasa sangat berat saat digunakan. Bersihkan cache ini secara rutin untuk membersihkan RAM Android supaya terasa lebih ringan. Cara ini akan sangat efektif untuk membuat handphone terasa segar kembali.

Salah satu yg bisa anda coba adalah dengan masuk ke Settings > Device maintenance > Storage, lalu klik CLEAN NOW. Cara ini sangat efektif dalam membersikan cache dan membebaskan sejumlah memori penyimpanan sehingga anda bisa lebih leluasa dalam menggunakan handphone. Selain itu anda bisa juga menghapus sampah pada handphone Android anda.

3. Hapus Aplikasi yg Jarang Digunakan
6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru

cara membersihkan ram android - Hapus Aplikasi yg Jarang Digunakan
Aplikasi walapun tidak digunakan akan menguras RAM, apalagi kalau aplikasi yg jarang digunakan atau malah tidak digunakan sama sekali sampai menumpuk di handphone. Akan mengakibatkan RAM menjadi penuh dan membuat kinerja handphone Android anda menjadi sangat lambat.

Dengan menghapus aplikasi yg jarang digunakan anda akan membersihkan sekaligus membebaskan RAM handphone Android anda, apalagi kalau handphone yg anda gunakan termasuk handphone dengan spek rendah alias handphone kentang.

4. Bersihkan RAM Lewat Pengaturan
6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru

Membersihkan RAM android dari pengaturan, merupakan cara paling mudah untuk membersihkan RAM di Android ialah dengan tahap sebagai berikut :
- Masuk ke Settings
- Pilih Device maintenance
- Pilih Memory
-  Klik CLEAN NOW

Kalau sudah, maka ponsel android anda akan otomatis menghapus semua isi RAM yg tidak berguna. Tapi ini bukan menyelesaikan akar masalahnya. Akar masalah yg perlu anda atasi adalah, kenapa RAM selalu kepenuhan? Tahap tahap berikut akan memandu anda supaya RAM tidak selalu kepenuhan. Baca juga : 15 Trik Whatsapp Terbaru dan download GBWhatsapp apk 7.70 terbaru 2019.

5. Gunakan Custom Rom
6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru

Ini bisa anda lakukan kalau anda sudah expert alias ahli dalam mengutak atik handphone anda. Karena sebelum anda melakukan install custom rom anda diharuskan melakukan root terlebih dahulu untuk membuka semua akses. Baru setelah itu anda bisa mengganti rom yg anda gunakan sekarang dengan rom yg lain.

6. Hapus Aplikasi Bawaan
6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru

Setiap handphone pasti akan disertai dengan aplikasi bawaan. Beberapa aplikasi bawaan itu berguna dan sering kita gunakan, namun permasalahannya tidak jarang juga aplikasi bawaan sama sekali tidak kita gunakan. Untuk itu anda bisa menghapus aplikasi bawaan supaya tidak terlalu membebani handphone anda, terutama yg tidak pernah digunakan.

Apabila anda mendapati aplikasi bawaan yg tidak bisa di uninstall maka anda bisa downgrade saja aplikasi tersebut dengan menguninstall updatenya dan membuatnya menjadi versi bawaan pabrik. Namun hati hati dalam melakukannya, pastikan yg anda hapus adalah aplikasi yg tidak pernah anda gunakan dan tidak mempengaruhi sistem.

Bagaimana anda semua sudah mengerti dan paham kan cara membersihkan RAM Smartpone. Share ke teman-tean mu juga biar kita saling berbagi informasi dan pengetahuan.
Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "6 Cara Membersihkan RAM Smartpone Android Terbaru"