Detik-detik Septic Tank Meledak, Satu Orang Tewas dan Temannya Terluka

Detik-detik Septic Tank Meledak, Satu Orang Tewas dan Temannya Terluka

Androidcame.com – Kamu pun bisa melihat video youtubenya pada artikel ini. Jakarta hari Senin (4/11/2019) diberitakan bahwa seorang petugas sedot WC berinisial SI di daerah Cakung, Jakarta Timur, tewas karena Septic Tank Yg ditanganinya meledak. Ia baru saja selesai menyedot Septic Tank salah satu rumah warga lalu membakar koran di lubang Septic Tank.

Menurut keterangan polisi hal tersebut dilakukan SI untuk membuktikan sudah tidak ada gas di dalam lubang Septic Tank. Dalam video Yg beredar terlihat sesaat sebelum terjadi ledakan SI menginjakkan telapak kakinya ke lubang Septic Tank sehingga menutupi lubang tersebut.

"(Penyebab ledakan akibat) gas Yg terendap puluhan tahun dalam Septic Tank kena api," ujar Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).

Di media sosial beberapa netizen mempertanyakan apakah sudah tepat menggunakan api untuk mengecek keberadaan gas di Septic Tank. Menurut ahli kesehatan lingkungan sekaligus konsultan pengolahan limbah Abie Wiwoho jawabannya tidak.

"Meledak itu karena tidak ada ventilasinya, di Septic Tank ada gas H2S (hidrogen sulfida), gas metan dari protein Yg terurai. Ventilasi tersumbat terus orang nyalain rokok (misalnya) ya meledak," ungkap pria pendiri IPAL Center ini.

Menurut Abie saat ini tidak ada aturan Yg mengharuskan orang-orang memiliki standar tertentu saat menangani Septic Tank. Dampaknya tidak ada pedoman kerja atau prosedur baku Yg diikuti para petugas sedot WC.

"Masyarakat kita kan orang awam, mereka lebih percaya ke tukang setempat Yg pengetahuan sanitasinya kurang. Dibuat panduan kecil lah dari para pengambil keputusan," pungkas Abie.

Sumber berita detik com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Detik-detik Septic Tank Meledak, Satu Orang Tewas dan Temannya Terluka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

dalam artikel

tengah artikel

Iklan Bawah Artikel