Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi Strategis untuk Membangun Usaha

Lokasi Strategis untuk Membangun Usaha

Androidcame.com - Dalam membangun suatu usaha, diperlukan banyak pertimbangan dan analisa. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kesalahan langkah yang bisa mempengaruhi perkembangan usaha. Selain perlunya strategi pemasaran, dan juga analisa pasar, seorang pendiri bisnis juga memerlukan strategi dalam memilih lokasi usaha. 

Tahukah Anda? Lokasi usaha bisa mempengaruhi omset penjualan. Dengan memiliki lokasi usaha yang strategis, toko Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Selain itu, lokasi juga bisa mempengaruhi banyaknya pengunjung yang datang. 

Untuk Anda yang ingin membangun usaha, dan mendirikan toko offline, berikut rekomendasi lokasi yang strategis untuk membangun toko Anda!

Persimpangan Jalan

Lokasi Strategis untuk Membangun Usaha

Memiliki toko di persimpangan jalan cukup menguntungkan bagi Anda, alasannya karena persimpangan jalan akan selalu ramai yang berlalu lalang, dan tak jarang juga menimbulkan kemacetan. Orang yang melewati persimpangan jalan akan sering melihat keadaan sekitar, dan tanpa sadar toko Anda juga akan selalu terlihat. 

Terlebih jika Anda memiliki toko di dekat lampu merah, mata pengendara yang sedang berhenti tentunya akan menangkap toko offline Anda. Meskipun tidak melakukan pembelanjaan, namun mereka bisa saja memberikan rekomendasi kepada orang terdekat nantinya, dan tentunya orang tersebut juga akan mampir karena rasa penasaran. 

Namun, kekurangan memiliki toko di persimpangan bisanya memiliki lahan parkir yang cukup sempit. Sehingga kurang cocok jika Anda membangun tempat makan di persimpangan jalan. Akan cocok jika Anda membangun toko yang mana kegiatan transaksi singkat seperti, counter, jualan produk kecantikan, atau peralatan elektronik. 

Sekitar Pabrik

Lokasi Strategis untuk Membangun Usaha

Untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan berdagang bahan makanan, salah satu lokasi yang strategis adalah dekat pabrik. Hal ini disebabkan, karena banyaknya buruh yang ketika pulang dari kerja akan membeli bahan makanan untuk di masak di rumah. Selain bahan makanan atau sayur, Anda juga bisa berdagang baju santai. 

Namun, kelemahan lokasi ini adalah dimana jam dagang yang singkat dan mengikuti jadwal pabrik. Jika pabrik sedang melakukan libur nasional, maka Anda tidak bisa berdagang di tempat tersebut. Selain itu, jam pabrik yang singkat membuat Anda tidak bisa berdagang sesuai jam yang Anda inginkan. 

Area Perkantoran

Lokasi Strategis untuk Membangun Usaha

Area perkantoran adalah hal yang strategis dalam membangun suatu usaha. Meskipun untuk menyewa suatu lokasi yang dekat dengan perkantoran terbilang cukup mahal, namun ini akan sesuai dengan hasil usaha yang akan di Anda dirikan. Orang-orang yang bekerja di perkantoran sering merasa jenuh untuk bekerja di dalam ruangan. 

Beberapa dari mereka, sesekali akan melakukan pekerjaan di luar kantor untuk mengusir rasa penat. Selain itu memiliki usaha di area perkantoran akan sering digunakan sebagai tempat pertemuan untuk orang kantor, seperti bertemu client, atau sesama rekan bisnis. Tempat Anda kan selalu ramai dan tentunya usaha Anda akan berkembang dengan pesat. 

Terlebih jika Anda menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai, melakukan pekerjaan, konsep ruangan yang tenang, dan menu yang enak, tempat Anda akan menjadi tempat favorit para pekerja, yang tentunya  Anda akan mendapatkan pelanggan setia. Anda bisa membangun coffee shop atau kedai teh yang nyaman untuk bersantai. 

Area Sekolah atau Kampus

Lokasi Strategis untuk Membangun Usaha

Dan rekomendasi terakhir lokasi yang strategis untuk bisa mengembangkan usaha adalah sekitar sekolah. Banyaknya anak anak sekolah yang lalu lalang memberikan peluang bagi Anda untuk mendirikan usaha di sekitar sekolah atau kampus. Apalagi mendirikan tempat nongkrong dengan harga terjangkau adalah ide yang bagus.

Beberapa lokasi area sekolah dan kampus terkadang memerlukan perizinan yang cukup memakan waktu, Anda bisa menyiapkan perizinan dengan matang terlebih dahulu agar ketika usaha Anda telah siap, Anda tidak terlalu lama menunggu. Selain usaha kuliner Anda juga bisa memulai usaha percetakan seperti fotocopy karena akan sangat dibutuhkan.

Tentunya dalam melakukan pemilihan lokasi untuk membangun suatu usaha, biasanya juga disesuaikan dengan jenis usaha yang akan di didirikan. Memilih lokasi usaha juga salah satu strategi dalam kelancaran perkembangan usaha. Yang pasti jangan takut untuk memulai bisnis dan meraih kesuksesan di usia muda!

Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "Lokasi Strategis untuk Membangun Usaha"