Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar

5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar

Androidcame.com - Strategi pemasaran saja, tidak cukup untuk bisa mengoptimalkan penjualan. Terkadang, beberapa marketer terlalu fokus dan sibuk, untuk melakukan promosi sana sini untuk menjaring pelanggan. Sehingga, mereka melupakan bahwa pelayanan pelanggan juga berpengaruh dalam perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. 

Pelayanan pelanggan salah satu aspek penting dalam bisnis. Hal ini disebabkan karena, banyak pelanggan yang memilih untuk berpindah kemarketer lain atau bahkan membatalkan pesanan hanya karena pelayanan yang diberikan tidak membuat pelanggan tersebut nyaman. 

Maka dari itu, di bawah ini akan ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar bisa melayani pelanggan.

Sambutan Hangat

5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar

Biasanya, sebelum pelanggan membeli produk Anda, pelanggan akan terlebih dahulu menghubungi penjual untuk menggali beberapa informasi produk yang mereka butuhkan. Berilah sambutan hangat kepada pelanggan dengan menyarapa nama pengguna, dan menggunakan bahasa yang tidak terlalu kaku apalagi ketus. 

Jika pelanggan disambut dengan baik, maka pelanggan akan merasa nyaman saat menanyakan beberapa informasi mengenai produk Anda. Anda pun bisa dengan leluasa menjelaskan keunggulan produk Anda dengan santai dan pelanggan akan lebih mengetahui informasi produk Anda dengan jelas.

Komunikatif

5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar

Jangan hanya menjawab apa yang ditanyakan oleh pelanggan, Anda juga bisa memberikan komunikasi aktif dengan memberikan pertanyaan balik yang masih berhubungan dengan produk Anda. Tidak semua pelanggan secara terang-terangan memberi tahu apa yang mereka butuhkan kepada marketer. 

Maka dari itu, Anda juga harus bisa mengkomunikasikan sehingga Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, keinginan pelanggan, dan juga selera pelanggan. Tentunya, jika Anda bisa memberikan semua apa yang diharapkan pelanggan, mereka tak hanya akan merasa nyaman namun Anda juga bisa mendapatkan loyalitas pelanggan.

Sopan dan Sabar

5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar

Pelanggan tak semua memiliki sifat yang sama, akan ada berbagai macam pelanggan yang akan mewarnai dunia bisnis ada. Bagaimanapun juga, Anda harus tetap memberikan pelayanan terbaik dengan sopan dan sabar. Karena jika Anda tidak sabaran sedikit saja, ucapan Anda bisa merusak citra bisnis Anda. 

Meskipun pelanggan banyak tanya Anda harus tetap menjawabnya secara jelas dengan tata bahasa yang baik. Meskipun mengatur pelanggan memang cukup sulit, ini adalah salah satu tantangan yang harus Anda taklukan untuk perkembangan bisnis Anda.

Memberikan Saran

5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar

Tak jarang pelanggan yang datang dengan perasaan bimbang karena masih ragu dengan produk apa yang benar-benar mereka butuhkan. Anda bisa ikut memberikan masukan dengan menawarkan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan menjelaskan keunggulan produk tersebut.

Jam Operasional

5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar
Anda juga harus memiliki jam operasional yang jelas, dan bisa menginformasikan kepada pelanggan Anda mengenai jam operasional bisnis Anda. Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama jika ingin menanyakan informasi mengenai produk Anda. Anda harus mencantumkan kapan bisnis atau toko Anda mulai melayani pelanggan. 

Begitu juga sebaliknya, Anda juga perlu mencantumkan pukul berapa pelayanan pelanggan akan ditutup. Jam operasional tentunya penting dalam management bisnis dan juga bagi diri Anda sendiri.

Nah, diatas adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melayani pelanggan, Untuk Anda yang merasa kewalahan dalam mengelola bisnis, jangan khawatir karena sekarang ada Ginee Omnichannel yang memiliki berbagai fitur untuk mempermudah Anda dalam mengelola bisnis online yang Anda miliki.

Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "5 Tips Melayani Pelanggan agar Bisnis Makin Lancar"