Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan!

Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan! : Androidcame.com

Sejak datangnya pandemi Covid-19, pasar online semakin ramai karena dijadikan solusi dalam melakukan aktivitas belanja dengan tetap bisa mematuhi protokol kesehatan. Namun, masih saja kemajuan teknologi sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan merugikan orang lain. Maka dari itu Anda harus berhati-hati saat melakukan belanja online. 

Tips Hindari Penipuan Saat Belanja Online

Berbagai jenis penipuan belanja online kerap terjadi. Apalagi sekarang kegiatan belanja online semakin ramai karena terbatasnya ruang gerak karena pandemi. Jadi bagi Anda yang sering sekali melakukan transaksi jual beli online harus mengetahui tips berikut ini agar terhindar dari penipuan saat berbelanja online. 

Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan! : Androidcame.com

Memang harga yang murah terlihat sangat menggiurkan saat kita berbelanja online. Namun, Anda patut curiga jika harga yang diberikan terlampau jauh dari harga biasanya di pasaran. Barang yang di jual terlalu murah sampai jauh dari harga pasar biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus, atau KW. 

Selain itu harga yang terlalu  rendah seharusnya di pertanyakan, seperti darimana penjual tersebut mengambil barang yang bisa lebih murah dari harga pasar biasanya? Bagaimana penjual bisa mengambil keuntungan dari harga produk yang begitu rendah harganya. Anda harus memiliki sikap yang waspada jika menemukan produk dengan harga yang jauh dari pasar. 

Testimoni

Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan! : Androidcame.com

Jika Anda berbelanja di marketplace Anda bisa langsung melihat testimoni yang ada di bawah produk. Bacalah ulasan testimoni dari berbagai customer yang sudah pernah membeli produk dari toko tersebut. Percuma jika jumlah produk yang terjual ribuan namun isi dari testinya adalah komplain semua. 

Jika Anda berbelanja di platform social media, Anda juga wajib mencari tahu review dari pelanggan yang pernah membeli dari toko tersebut. Hindari membeli barang di toko online yang tidak menyediakan testimoni. Meskipun followers tko tersebut sudah banyak hal itu tidak bisa di jadikan patokan keamanan dalam berbelanja online.

Cek Identitas penjual

Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan! : Androidcame.com

Sebelum membeli barang Anda perlu cek identitas penjual, selalu cek website untuk memverifikasi data kontak yang terdaftar benar-benar ada. Hal yang perlu jelas dituliskan adalah nama perusahaan, alamat, email, dan nomor telepon. Pastikan beberapa hal tersebut tercantum dan bisa Anda akses. 

Anda juga bisa cek nomor penjual pada aplikasi-aplikasi pembaca kontak yang sudah Anda. dari sana Anda bisa melihat tagar nama yang diberikan orang-orang terhadap nomer tersebut. Jika ada yang memberikan tagar penipu sebaiknya Anda menghindari untuk bertransaksi dengan orang tersebut. 

Belanja di Marketplace

Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan! : Androidcame.com

Disarankan untuk Anda, lebih memilih platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya, jika kita hendak berbelanja secara online. Karena dengan ini, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah-tengah antara pembeli dan penjual. Jadi, pembeli tidak langsung mengirim pembayaran ke penjual. 

Tetapi ditampung dulu oleh pihak electronic commerce dan baru akan dikirim ke penjual setelah dipastikan barang tiba dengan selamat. Mungkin ada saja penjual yang ‘nakal’ dengan meminta pembeli mentransfer sejumlah uang pembayaran langsung ke rekening mereka. Jika ini terjadi, jangan mau untuk menerima permintaan tersebut.

Karena ini kemungkinan besar adalah penipu. Dengan mengirim pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual, artinya akan sulit untuk meminta dana dikembalikan jika barang tidak kunjung sampai. Melakukan pembelanjaan di marketplace besar di Indonesia yang terpercaya adalah salah satu cara menghindari penipuan. 

Laporkan Penipuan

Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan! : Androidcame.com

Bagaimana jika kita sudah berbelanja di marketplace tapi masih terkena modus penipuan? Atau penipuan yang mengatasnamakan marketplace melalui telpon atau SMS? Anda dapat melaporkan modus penipuan melalui call centre masing masing marketplace dengan telfon, maupun, SMS, Anda juga melaporkan penipuan via Email. 

Yang terpenting jika ada yang mengatasnamakan suatu marketplace jangan pernah Anda memberikan kode OTP yang masuk ke ponsel Anda meskipun dengan hadiah yang besar. Kode OTP adalah hal yang penting untuk menjadi identitas Anda, jadi jangan sampai orang lain mengetahui kode OTP yang Anda terima.

Belanja online memanglah lebih praktis dan efisien namun resiko yang kemungkinan dihadapi juga banyak seperti barang tidak sesuai hingga penipuan. Maka dari itu Anda perlu lebih waspada saat berbelanja online. Setelah Aman dalam melakukan transaksi belanja jangan lupa untuk meminta resi pengiriman kepada penjual sebagai bukti pengiriman produk.

Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "Tips Belanja Online Aman Anti Penipuan!"