Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

Halo Sobat Youtube, Selamat datang di Youtube Bram Siregar kali ini Bram akan memberikan tips menarik mengenai Apa Itu Laravel dan Bagaimana cara menginstallnya di komputer atau leptop Sobat dan jangan lupa sebelum menonton subcribe Bram Siregar like dan komen dan Klik Tombol Loncengnya agar kalian bisa terus mengikuti video-video terbaru lainnya. Kali ini Bram akan berbagi dengan versi Bahasa indonesianya, langsung saja. Link Blog

Apa itu Framework Laravel, Laravel adalah sebuah framework PHP yang sangat populer saat ini. sama seperti halnya codeigniter jika Sahabat sudah pernah mendengar tentang codeigniter, laravel dan codeigniter sama-sama merupakan framework atau kerangka kerja PHP yang dibuat untuk mempermudah para developer atau programmer dalam membangun sistem/aplikasi yang berukuran kecil, bahkan sampai sekala besar.

Sampai pada saat Panduan ini dibuat, pengembangan laravel sudah mencapai versi 5.7. jadi pada seri Panduan lengkap laravel bahasa indonesia ini kita akan menggunakan Laravel versi 5.7.

Tapi jangan khawatir, jika pada saat Sobat membaca Panduan ini, jika versi laravel sudah lewat dari versi 5.7, Sobat masih bisa mengikuti Panduan ini. karena perbedaan dari versi pengembangan laravel tidak akan jauh berbeda dari setiap versi rilis nya.

Framework Laravel dibuat oleh Taylor Otwell. dan saat ini laravel menjadi salah satu framework PHP yang paling banyak digunakan di dunia. karena kemudahan penggunaannya, banyaknya dukungan seperti misalnya dokumentasi yang baik dan dukungan library yang lengkap. sehingga bisa kita sebut jika “Laravel seperti memanjakan penggunanya”.

Laravel juga menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). Apa itu MVC ? MVC merupakan suatu metode untuk memisahkan bagian-bagian web aplikasi.

Yang disebut dengan MODEL biasanya bagian yang berurusan dengan database. VIEW adalah bagian antarmuka atau bagian depan aplikasi, segala sesuatu yang diproses dalam sistem akan ditampilkan pada view, sedangkan CONTROLLER adalah bagian yang menangani atau menengahi antar model dan view, jadi controller lah yang berperan sebagai pengendali dari sebuah sistem.
Sama halnya dengan semua framework PHP.

Oke Langsung saja :

Cara Menginstall Laravel :

A. Cara install laravel di windows atau cara install laravel di mac / OS X, caranya sama saja dengan framework lainnya. Yang paling penting adalah kamu sudah menginstall composernya.

Ikuti Cara Ini Untuk Menginstal Composer "Kali ini saya menggunakan Windows" :

1. Pertama-tama kamu Buka Link ini https://getcomposer.org/doc/00-intro.md


2. Setelah itu kamu pilih Installation - Windows dan klik Using the Installer


3. Tahap Selanjutnya kamu Klik Composer-Setup.exe dan klik Save File dan ikuti semua prosesnya.


4. Lalu kamu Klik Next



5. Lalu kamu Klik Install



6. Setelah proses installasi selesai, Kemudian kamu buka CMD (Command Prompt), Lalu Ketik Composer lalu Enter. Jika berhasil akan tampil seperti ini.


B. Pastikan Sobat juga sudah menginstall xampp, Untuk caranya kamu bisa cek di Playlist Berlatih Laravel Bram Siregar
Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

Kalau keduanya sudah selesai kamu bisa lanjut :
1. Pertama-tama kamu buka terminal jika Sobat menggunakan mac os. Kalau Windows kamu buka command prompt
Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

2. Setelah sobat membuka terminal atau command prompt di laptop Sobat masing-masing, selanjutnya kita akan memulai installasi laravel dengan mulai mendownload laravel menggunakan composer.

3. Kamu masuk dulu ke direktori dimana letak project laravel nya ingin kita buat. dalam contoh ini kamu akan membuat project laravel dalam folder htdocs.

Jadi silahkan masuk ke direktori htdocs sesuai dimana lokasinya masing-masing.

Jika Sobat menggunakan XAMPP, maka ketik :

windows
cd C:\XAMPP/htdocs/

mac os/os x
cd /Applications/XAMPP/xamppfiles/htdocs/

Kemudian ketikkan perintah berikut untuk menginstall laravel :
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel berlatih_laravel
Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

Lalu  tekan enter.



  1. create-project : Perintah untuk membuat project baru
  2. –prefer-dist : Untuk memerintahkan download laravel versi yang direkomendasikan atau versi yang stabil (terbaru).
  3. berlatih_laravel : Nama project laravel yang ingin kita buat
Pada contoh Panduan laravel ini kita akan membuat project laravel dengan nama “berlatih_laravel”. silahkan Sobat sesuaikan apa nama project yang ingin Sobat buat. tapi alangkah lebih bagusnya jika Sobat buat saja degan nama berlatih_laravel, agar saat Sobat mengikuti seri Panduan laravel di Androidcame.com, menjadi lebih mudah.

Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

Oke, proses downloadnya akan memakan waktu beberapa menit, tergantung koneksi internet yang Sobat miliki.

Setelah selesai, maka tampilannya akan seperti berikut.

dan sekarang kita sudah punya folder project “berlatih_laravel” dalam folder htdocs.

Kemudian sekarang kita masuk ke folder project kita, yaitu “berlatih_laravel”. jadi ketik lagi perintah berikut pada terminal/command prompt nya.

Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

cd berlatih_laravel

dan ketik lagi

Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

php artisan serve

Coba perhatikan gambar di ini, pada saat kita mengetikkan php artisan serve, dan tekan enter maka project “berlatih_laravel” akan dijalankan pada http://127.0.0.1:8000. yang arti nya server development laravel sudah di buat dan project kita sudah bisa kita akses pada localhost dengan menggunakan port 8000.

terminal/cmd nya jangan di stop dulu, Sekarang silahkan buka web browser Sobat "Saya mengunakan Mozila Firefox" Kalian bisa pake browser apa saja dan buka alamat berikut :

Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

localhost:8000

atau


Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

127.0.0.1:8000

Jika Sobat melihat tampilan halaman laravel seperti berikut, maka tandanya kita telah berhasil menginstall laravel dan sudah siap kita gunakan untuk mendeveloper atau membangun aplikasi menggunakan laravel.

Selamat, Sekarang cara instalasi laravel telah selesai.

Atau karena kita menginstall laravel nya dalam folder htdocs (localhost), kita juga bisa menjalankan project laravel nya dengan langsung mengakses project kita melalui web browser dengan mengakses alamat
Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel

http://localhost/berlatih_laravel/public

Jangan Lupa Subscribe Like Komen dan Klik Tombol Loncengnya agar Saya bersemangat untuk memberikan video-video menarik lainnya.
Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "Berlatih Laravel Pengertian Dan Cara Menginstall Laravel"