Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Androidcame.com - Bisnis Online semakin ramai di pilih sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan sumber penghasilan yang mudah. Hal ini disebabkan, karena bisnis online bisa dilakukan lebih fleksibel daripada harus menjaga toko offline store. Selain itu, bisnis online juga memiliki jangkauan lebih luas sehingga memungkinkan produknya mudah ditemukan pelanggan.

Namun, tahukah Anda? Meskipun bisnis online terlihat mudah untuk dilakukan, tanpa adanya perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, bisnis online Anda tidak bisa berjalan sesuai dengan harapan Anda. Ada kesalahan-kesalahan fatal yang kerap kali dilakukan ketika menjalankan bisnis online. Apa Sajakah itu? Yuk, Simak!

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Meskipun bisnis online bisa dilakukan dengan mudah tetapi, Anda juga tidak bisa menyepelekan urusan bisnis online. Jika Anda ingin bisnis online Anda berkembang lebih pesat, maka Anda harus menghindari beberapa kesalahan fatal seperti di bawah ini. 

Tidak Optimalkan Social Media

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Di era yang serba digital ini sangat disayangkan, jika Anda tidak mengoptimalkan penggunaan social media untuk bisa mengembangkna bisnis Anda. social media adalah salah satu sarana penting dalam melakukan promosi, mengingat bahwa sekarang semakin ramai pengguna social media.

Social media merupakan media yang memiliki peluang besar dalam upaya pengembangan bisnis. Hal ini disebabkan, karena social media memiliki jangkauan yang sangat luas, tidak terbatas oleh ruang sehingga orang di ujung pulau pun bisa mendapatkan cuplikan promosi Anda. maka dari itu pengoptimalan social media sangatlah penting.

Tidak Memiliki Website

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Memiliki akun jualan online memang hal yang baik, namun Anda juga perlu membuat website jualan Anda. dengan memiliki website jualan pelanggan akan lebih mudah untuk bisa mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual. Dengan memiliki website Anda bisa dengan leluasa memberikan keterangan mengenai keunggulan produk Anda. 

Berbeda dengan media lain yang mungkin memiliki batasan dalam penggunaan kata, dengan menggunakan website Anda bisa mengupload foto katalog produk Anda dengan lebih lengkap. Membuat website bisnis online akan menghadirkan banyak keuntungan bagi Anda, maka dari itu pembuatan website perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis online Anda.

Slow Respon

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Kecepatan respon kepada pelanggan juga salah satu hal yang paling penting dan bisa mempengaruhi hasil penjualan. Hal ini dikarenakan, banyak pelanggan yang memilih untuk berpindah toko hanya karena seller tidak menjawab kebutuhan informasi konsumen secara cepat.

Selain kecepatan respon seller juga perlu komunikatif terhadap pelanggan seperti memberikan informasi lebih dari apa yang dibutuhkan pelanggan. Seperti memberikan saran terhadap produk yang cocok untuk pelanggan. Slow respon adalah kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh pelanggan.

Tidak ada Interaksi Dengan Pelanggan

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Kegiatan penjualan tidak hanya saat melakukan transaksi produk antara pelanggan dengan penjual, namun juga, seller harus membangun relasi dan sering berinteraksi dengan pelanggan, agar bisa mendapatkan loyalitas pelanggan. Dengan tetap memberikan interaksi aktif seperti meminta pendapat pelanggan terhadap inovasi produk, review, dan sekedar membuka tanya jawab adalah hal yang diperlukan.

Terlepas dari itu, tidak banyak perusahaan yang mau menjalin hubungan baik dengan pelanggan setelah mereka membeli produk yang dijual. Padahal, para pelanggan ini merupakan aset berharga yang bisa menjadi ujung tombak promosi dari mulut ke mulut secara offline.

Jangan abaikan koneksi dengan pelanggan. Bangunlah hubungan baik dengan cara mengirimkan voucher penawaran, diskon spesial, atau bantuan jika mereka merasa kesulitan dalam penggunaan produk.

Tidak Konsisten

Kesalahan Fatal Berbisnis Online

Dalam dunia perdagangan tentunya hasil dari penjualan pasti mengalami naik turun. Namun, hal tersebut adalah hal yang biasanya. Anda harus tetap terus melakukan promosi dan mengencerkan strategi marketing meskipun hasilnya masih tidak stabil. Namun, biasanya pebisnis pemula mudah menyerah dan tidak konsisten. 

Konsistensi sangat penting jika Anda ingin memiliki bisnis yang mampu bertahan dalam jangka waktu panjang. Persaingan di ranah digital sendiri perkembangannya jauh lebih cepat dibandingkan bisnis tradisional, pasalnya kompetitor bisa sewaktu-waktu membakar duit lewat promo maupun iklan untuk melakukan akuisisi pelanggan.

Nah, diatas adalah kesalahan-kesalahan fatal yang harus Anda hindari jika Anda sedang menjalankan bisnis online. Dalam kegiatan transaksi jual beli memang diperlukan perencanaan yang matang agar Anda tidak salah langkah dan mengalami kerugian dalam bisnis online Anda.

Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "Kesalahan Fatal Berbisnis Online"