Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Androidcame.com - Menjadi seorang ibu rumah tangga, terkadang juga memerlukan kegiatan yang bisa dijadikan penghasilan tambahan. Di era yang sekarang, sudah banyak sekali pekerjaan yang bisa dengan mudah dilakukan oleh ibu rumah tangga. Usaha UMKM adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup besar.

Bisnis UMKM adalah usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh individu atau badan usaha yang berukuran kecil. Sehingga, UMKM dapat disimpulkan sebagai usaha ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. 

Sedangkan usaha yang tak masuk sebagai UMKM dikategorikan sebagai usaha besar, yakni usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar daripada usaha menengah. Biasanya, usaha kecil dilakukan oleh sendiri ataupun pegawai dengan jumlah sedikit. 

Rekomendasi Usaha UMKM untuk Ibu Rumah Tangga

Di era sekarang sudah banyak sekali ide usaha UMKM yang bisa Anda lakukan, agar mendapatkan keuntungan. Di bawah ini, ada rekomendasi usaha UMKM yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga. Simak! Selengkapnya 

Kuliner 

Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha di bidang kuliner menjadi salah satu usaha yang paling diminati karena masih banyak dicari oleh setiap orang, untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Usaha kuliner tidak hanya bisa dilakukan dengan membuka restoran, tapi juga bisa dikelola dari rumah. 

Contoh usaha UMKM kuliner misalnya seperti makanan ringan sejenis dimsum, kue kering, dan lain sebagainya. Sedangkan, makanan berat biasanya seperti membuka usaha katering. Lalu contoh lainnya juga seperti membuka kedai kopi dengan beberapa varian menu dan makanan ringan dengan tempat yang nyaman untuk bersantai.

Jualan Fashion

Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga
Produk Fashion memang tidak pernah mati, dan menjadi salah satu peluang baik dalam mendapatkan keuntungan. Di zaman dengan banyaknya kemajuan teknologi sekarang, cukup mudah bagi Anda untuk memulai usaha jualan produk fashion seperti pakaian wanita, pakaian pria, dan aksesoris fashion lainya. 

Jualan produk fashion terbukti memiliki peluang yang bagus, di lihat dari semakin banyaknya orang yang yang menjual produk fashion. Apalagi, kehadiran marketplace akan mempermudah Anda untuk menjangkau pelanggan. Dengan daftar di marketplace Anda bisa mengelola toko Anda dengan mudah dari rumah saja.

Skin Care 

Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Selanjutnya adalah dengan berjualan skin care, dengan menjual skin care Anda bisa meraup banyak keuntungan karena produk skin care menjadi salah satu produk terlaris di marketplace. Anda bisa menjadi reseller dari brand skin care yang sudah resmi lalu memasarkan produk tersebut di toko Anda. 

Dengan menjadi reseller, modal Anda bisa terbilang lebih kecil dibanding harus membuat produk skin care sendiri. Selain itu, dengan menjadi reseller Anda tidak perlu repot mencari pelanggan baru karena tentunya brand tersebut sudah memiliki audiens pasar, Anda cukup fokus dalam pemasaran produk tersebut.

Kerajinan Tangan

Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Rekomendasi usaha UMKM selanjutnya adalah dengan menjual kerajinan tangan, untuk Anda para ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk dijadikan sumber penghasilan tambahan. Kerajinan Tangan cukup diminati karena bisa dijadikan hadiah yang unik.

Kerajinan tangan bisa berupa, product rajut, hiasan akrilik, lukisan, dan masih banyak lagi. Selain itu, kerajinan tangan terbilang cukup membutuhkan modal yang kecil karena yang bahan bakunya terbilang murah dan yang Anda butuhkan adalah keterampilan Anda dalam mengemas produk kerajinan Anda.

Membuka Les Privat 

Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Tahukah Anda? bahwa Les privat sekarang banyak dibutuhkan terutama di masa pandemi seperti ini. Pendidikan adalah suatu hal penting untuk menentukan masa depan maka dari itu banyak orang tua yang memberikan les privat sebagai waktu belajar tambahan untuk bisa membuat anaknya memahami materi lebih cepat. 

Anda bisa melakukan les privat secara virtual, karena kondisi sekarang dimana masih diterapkan beberapa protokol kesehatan. Tentunya, dalam usaha ini tidak memerlukan modal terlalu besar karena yang dibutuhkan dalam kemampuan diri Anda dalam mengasah pengetahuan yang sudah Anda miliki.

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi usaha UMKM yang cocok dilakukan untuk ibu rumah tangga. Tentunya, penghasilan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menjalankan secara tekun tidak main-main. Jangan lupa juga untuk mempromosikan usaha Anda di berbagai platform social media agar bisa membantu Anda dalam mengembangkan usaha Anda secara pesat.

Bram
Bram Nama saya Bram

Post a Comment for "Usaha UMKM yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga"